Suara.com – Satu lagi inovasi dihadirkan Apple pada gadget pilihannya, iPhone dan iWatch . Kabarnya, perusahaan pimpinan Tim Cook itu menyematkan sensor canggih yang memiliki kemampuan dapat mendeteksi gas beracun.

Kemunculan fitur anyar itu diketahui dari paten yang didaftarkan Apple, beberapa hari lalu. Dilansir Solo Pos dari Wearable, kantor paten dan merek dagang Amerika Serikat diketahui menerbitkan pengajuan paten pendeteksi gas beracun yang diminta Apple.

Paten tersebut disetujui karena karbon monoksida atau gas beracun lain bisa menjadi pembunuh mematikan dan sangat berbahay meski tidak berbau, berasa atau terlihat.

Patenly Apple kali pertama menemukan paten yang mungkin menjadi rencana eksplorasi ide Apple memasukkan sensor biohazard ke dalam iPhone dan Apple Watch. Sensor ini dapat mendeteksi kandungan berbahaya di udara, seperti gas beracun yang tidak berbau.

Sensor biohazard yang ditanam di iPhone atau Apple Watch ini bakal memberi tahu pengguna jika sedang berada di lingkungan berbahaya. Sehingga penggunanya bisa langsung menghindari agar tidak memiliki kontak langsung dengan zat berbahaya tersebut.

Sayang, belum dipastikan kapan gawai dengan sensor biohazard tersebut dipasarkan dan untuk model yang mana.

Seperti diketahui, Apple kerap menyamatkan berbagai fitur untuk kesehatan pada iWatch-nya yang bisa disinkronisasi pada iPhone. Sebut saja pendeteksi jantung yang sering menyelamatkan para penggunanya dari ancaman mematikan dalam beberapa kasus belakangan ini.

Tidak hanya itu, karena ini baru  sebatas pengajuan paten belum bisa dipastikan kebenarannya karena bisa hanya sebatas rumor atau masih ada perubahan. Untuk kepastiannya, kita nantikan berbagai kabar seputar update berbagai perangkat terbaru yang akan dirilis Apple.