Suara.com – Asus menepati janjinya untuk meluncurkan laptop tipis nan ramping terbarunya di Indonesia. Asus resmi memperkenalkan seri ZenBook 13 UX333, 14 UX43, dan 15 UX533 di Pullman Hotel Jakarta pada Kamis (17/1/2019).

“Lini ZenBook terbaru kali ini bukan hanya sekadar canggih, tetapi juga elegan berkat bezel-nya yang sangat tipis. Seri ini adalah ZenBook yang paling kuat,” ucap Direktur Regional Asus Asia Tenggara, Jimmy Lin.

Sesuai pernyataan Jimmy, ketiga laptop tersebut memang memiliki bodi yang tipis. Bahkan, rasio layar ke bodi laptop mencapai 95 persen. Khusus untuk seri ZenBook 13 UX333, ukurannya bahkan lebih kecil daripada Macbook Air 13 besutan Apple.

Laptop Asus ZenBook. [Suara.com / Tivan RAHMAT]Laptop Asus ZenBook . [Suara.com / Tivan RAHMAT]

Bicara soal dapur pacu, ketiga ZenBook terbaru ini dipersenjatai prosesor Intel Core generasi kedelapan yang menjanjikan performa tinggi, namun dengan efisiensi daya yang lebih memadai. Urusan grafis, Asus menyerahkannya pada GPU NVIDIA GeForce MX150 untuk ZenBook 13 dan 14, serta NVIDIA GeForce GTX 1050 Max-Q untuk ZenBook 15.

Untuk menampung data, seluruh model ZenBook yang diperkenalkan sudah menggunakan memori NVMe PCIe SSD dengan kapasitas maksimal 512 GB dan dilengkapi RAM 16 GB.

Seperti yang pernah dibahas sebelumnya, satu fitur istimewa bisa ditemukan pada ZenBook 13 dan 14 yang memiliki NumberPad, keypad angka yang terletak pada touchpad laptop. Meski mungil, tapi fitur iniĀ  bisa berubah layaknya pengganti tombol fisik angka. Hingga saat ini, baru Asus yang memiliki teknologi NumberPad.

Beranjak ke bagian bodi, desain Asus ZenBook mengusung desain ErgoLift berupa sudut yang dirancang untuk kenyamanan saat menggunakan laptop, sekaligus memaksimalkan performa audio dan sistem pendingin. Ringkasnya, rancangan ErgoLift membuat bodi laptop terangkat membentuk sudut 3 derajat.

Laptop Asus ZenBook. [Suara.com / Tivan RAHMAT]Laptop Asus ZenBook. [Suara.com / Tivan RAHMAT]

Untuk mendukung mobilitas penggunanya, Asus ZenBook 13 dan 14 menggunakan baterai 3 sel 50WHrs yang diklaim pabrikan sanggup terjaga hingga 14 jam, sedangkan ZenBook 15 dijejali baterai 4 sel 73WHrs yang konon sangggup bertahan hingga 16 jam.

Sementara untuk konektivitas, Asus menyediakan port USB 3.1 tipe A dan USB 3.1 Gen 2 tipe C yang bisa mentransfer data dengan kecepatan maksimal 10 Gbps. Sisanya, ketiga model ZenBook juga memiliki port HDMI, jack audio combo, pembaca kartu MicroSD, dan Bluetooth 5.0.

Soal nominal, harga Asus ZenBook 13 dan 14 dijual mulai harga Rp. 15.299.000, sedangkan ZenBook 15 dibanderol mulai Rp. 26.999.000.