Suara.com – Cuaca dingin dapat berdampak buruk pada ponsel cerdas Anda. Tetapi kini ada beberapa cara melindunginya.

Masalah yanng sering timbul adalah cuaca dingin berdampak pada baterai lithium-ion di dalam gadget, yang hanya dirancang bekerja dalam kisaran suhu rata-rata. iPhone Apple, misalnya, berfungsi paling baik ketika berada di lingkungan di mana suhunya berada di antara 0ºC dan 35º C.

Salah satu dampak dari cuaca dingin pada ponsel Anda adalah berpengaruh pada masa pakai baterai yang akan lebih cepat habis, ketika perangkat menjadi terlalu dingin. Meskipun begitu, sistem akan kembali normal setelah kembali dalam kehangatan.

Lebih parahnya, dampak dari cuaca dingin pada ponsel pintar Anda adalah dapat mati sendiri. Dalam beberapa kasus, cuaca dingin akan menghentikan respon smartphone Anda.

“Gunakan perangkat iOS di mana suhu sekitar antara 0º dan 35º C (32º hingga 95º F). Kondisi suhu rendah atau tinggi dapat menyebabkan perangkat mengubah perilakunya untuk mengatur suhu. Menggunakan perangkat iOS dalam kondisi yang sangat dingin di luar jangkauan operasinya dapat sementara memperpendek usia baterai dan dapat menyebabkan perangkat mati. Usia baterai akan kembali normal ketika Anda membawa perangkat kembali ke suhu sekitar yang lebih tinggi. Menggunakan perangkat iOS dalam kondisi yang sangat panas dapat secara permanen mempersingkat masa pakai baterai,” tulis Apple.

Jika Anda berada di daerah dengan cuaca ekstrim, cara terbaik melindungi ponsel Anda adalah menjaganya tetap hangat. Pastikan ponsel disimpan di saku atau simpan di dalam kasing.

Pastikan Anda tidak memeriksa notifikasi atau teks ketika saat cuaca benar-benar dingin. Lebih baik bersabar dan menunggu sampai berada di suatu tempat yang menyenangkan dan hangat.

Kepala online Envirofone, Denise Timmins menawarkan saran bahwa orang-orang sering berspekulasi tentang apakah cuaca dingin benar-benar mempengaruhi baterai iPhone.

“Sekarang kita tahu, itu penting untuk menghindari iPhone Anda dalam kondisi yang sangat dingin. Minimalkan penggunaan ponsel Anda di luar saat suhu dingin dan tempatkan di saku atau tas jika memungkinkan,” pesannya. [Metro]