Suara.com – Lukisan yang sangat ternama, Mona Lisa karya Leonardo Da Vinci ternyata menyimpan banyak mesteri. Bahkan ada sederet misteri lukisan Mona Lisa yang belum terpecahkan hingga sekarang.

Lukisan yang dibuat Leonardo Da Vinci pada abad ke-16 ini menampilkan potret setengah badan dari wanita yang diberi nama Mona Lisa. Kini, lukisan Mona Lisa ini kini terpajang di Museum The Louvre, Paris, Prancis.

Melihat dari sejarahnya, Leonardo Da Vinci dipercaya untuk melukis Mona Lisa antara tahun 1503 hingga 1506.

Hingga pada tahun 1516, Leonardo Da Vinci yang diundang oleh Raja François I untuk bekerja di Clos Lucé. Di tempat itulah dirinya melanjutkan pembuatan lukisan ini.

Misteri pertama dari lukisan ini adalah mengenai sosok wanita dalam lukisan Mona Lisa tersebut.

Banyak yang percaya bahwa wanita ini adalah Lisa Gherardini yang merupakan istri Francesco del Giocondo, seorang pengusaha kain sutra yang sangat kaya di Kota Florence, Italia.

Selain itu, ada yang percaya kalau sosok Lisa Gherardini adalah Leonardo Da Vinci saat masih muda. Kabar lain menyebutkan bahwa sosok di lukisan itu adalah ibu dari Leonardo Da Vinci.

Misteri kedua, rupanya banyak perdebatan mengenai jenis kelamin wanita dalam lukisan Mona Lisa.

Dari lukisan tersebut, Mona Lisa memang adalah seorang wanita. Namun, sejarawan Silvano Vinceti memiliki pendapat yang dianggap kontroversial.

Silvano Vinceti menyebutkan bahwa sosok Mona Lisa adalah kekasih pria Leonardo Da Vinci yang bernama Gian Giacomo Caprotti.

Sayangnya, hal ini tinggal menjadi misteri tanpa penjelasan hingga saat ini.

Misteri mengenai senyuman Mona Lisa.

Jika diperhatikan dengan sekilas, sosok wanita dalam lukisan Mona Lisa terlihat seperti sedang tersenyum dengan mata sayu yang nampak sedih.

Para ilmuwan lalu menyebutkan jika senyuman Mona Lisa tersebut merupakan ilusi optik. Sosok ini sebenarnya sedang tidak tersenyum.

Bahkan beberapa orang mempercayai kalau wanita dalam lukisan Mona Lisa ini sedang tersenyum dengan penuh ketakutan dan kemarahan.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti University of Amsterdam pada tahu 2005 untuk mengungkap senyuman ini.

Dengan menggunakan software komputer, senyuman Mona Lisa dideskripsikan menunjukan 83 persen perasaan bahagia, 9 persen lelah, 6 persen takut, 2 persen marah, dan kurang dari 1 persen netral, serta 0 persen terkejut.

Lukisan Mona Lisa adalah mengenai alis dan bulu matanya.

Dalam lukisan tersebut, Mona Lisa terlihat memiliki alis yang sangat tipis dan tidak memiliki bulu mata sama sekali.

Hal ini menimbulkan tanda tanya, pasalnya pada zaman tersebut para pelukis sangat detil dalam membuat karyanya. Termasuk dengan Leonardo Da Vinci, yang sangat detail dalam mengerjakan sesuatu.

Pada 2007 peneliti Prancis bernama Pascal Cotte, menjawab pertanyaan ini menggunakan foto close up lukisan tersebut dengan kamera beresolusi tinggi.

Hasilnya, di kiri bagian atas lukisan Mona Lisa terdapat sebuah bulu mata. Menurutnya, Leonardo Da Vinci sebenarnya melukis bulu mata Mona Lisa, namun seiring berjalannya waktu, bagian itu memudar.

Misteri lukisan Mona Lisa selanjutnya mengenai pengamanan dengan biaya mahal.

Lukisan Mona Lisa ini kini berada di Museum Louvre, Rive Droite, Seine, Prancis dijaga ketat dengan pengamanan super mahal.

Ruangan tempat menyimpan lukisan Mona Lisa bahkan memakan biaya sekitar miliaran rupiah.

Banyak yang berpendapat di balik nilai historisnya yang tinggi dan di balik kepopulerannya, lukisan Mona Lisa ini menyimpan ‘sesuatu’ yang sangat berharga dan sangat rahasia.

Itulah deretan misteri lukisan Mona Lisa karya Leonardo Da Vinci yang hingga kini masih menjadi rahasia dan pertanyaan banyak orang. (HiTekno.com/ Amelia Prisilia)