Suara.com – Sebuah penemuan mengejutkan dari danau Antartika membuat para ilmuwan takjub. Ditemukan sebuah bangkai binatang kecil di danau yang berada jauh sedalam satu kilometer di bawah es Antartika.

Para ilmuwan tengah menggali ke dalam Danau Mercer, Antartika untuk mencari bukti adanya kehidupan di tempat tersebut.

Baca Juga : Aneh, NASA Temukan Gunung Es Berbentuk Persegi di Antartika

Secara tak terduga, ilmuwan menemukan hewan kecil di kedalaman danau yang diketahui mempunyai suhu ekstrem.

David Harwood, ahli paleontologi mikro di Universitas Nebraska-Lincoln, mengaku terkejut atas penemuan hewan kecil ini.

Ia merupakan salah seorang ilmuwan yang tergabung dalam misi Subglacial Antarctic Lakes Scientific Access (SALSA) untuk mencari bukti ada tidaknya kehidupan di Antartika.

Dalam penelitian ini, digunakan radar penembus es dan penginderaan jauh lainnya dengan meleburkan portal melalui es menuju kedalaman danau.

Baca Juga : Super Dingin, Begini Kehidupan Para Peneliti di Antartika

Apa yang peneliti temukan di sana? Mereka menemukan hewan-hewan yang berada di danau tersebut termasuk krustasea dan tardigrada.

Ilustrasi Danau Mercer di Antartika. (Wikipedia/ Alexrk2)Ilustrasi Danau Mercer di Antartika. (Wikipedia/ Alexrk2)

Hewan terakhir yang mereka temukan berada di sana adalah hewan yang dikenal sebagai beruang air.

Beberapa hal tampak seperti laba-laba yang terjepit dan jenis-jenis krustasea dengan kaki. Beberapa hal lain yang ditemukan tampak seperti cacing,” kata David Harwood kepada Science News.

Baca Juga : Lapisan Es Antartika Bisa Bernyanyi, Begini Suaranya

Tim peneliti ini mempercayai adanya makhluk hidup lain yang mendiami kolam dan sungai di Pegunungan Transantarctic yang terletak sekitar 50 kilometer dari Danau Mercer.

Para peneliti percaya bahwa terdapat periode hangat yang sangat singkat ketika gletser Antartika surut dan memperlihatkan danau.

Hal ini terjadi dalam 10.000 tahun terakhir atau secara masif pada 120 ribu tahun yang lalu.

Tidak diketahui bagaimana makhluk itu berada di danau Antartika yang cukup jauh dan dalam. Tetapi peneliti memprediksi saat periode hangat berakhir, suhu yang lebih dingin kembali ke wilayah itu.

Baca Juga : Sensasi Makan Pagi di Antartika, Suhu Minus 70 Derajat Celcius

Ini menyebabkan makhluk hidup mikroskopis dan hewan kecil menjadi terjebak dalam lapisan es yang terbentuk di atas danau Antartika.

Dari penemuan ini, untuk pertama kalimnya ilmuwan bisa menemukan kehidupan dengan kompleksitas tinggi di danau Antartika. (HiTekno.com/Rezza Dwi Rachmanta)