Suara.com – Penamaan lagu Awing Mawek berasal dari lirik yang didengar warganet saat mendengarkan sebuah video animasi kuda nil bernyanyi dan seekor anjing menari. Meski lirik sebenarnya tidak seperti itu, video tersebut viral dan sempat populer, namun tidak ada yang tahu siapa sebenarnya penyanyi dari lagu tersebut.

Ternyata, lagu dalam video animasi tersebut berjudul ‘The Lion Sleeps Tonight’ yang dinyanyikan oleh grup vocal The Tokens asal Amerika Serikat. Lagu ini pertama kali dirilis pada tahun 1961, namun dilansir dari Revolvy, lagu ‘The Lion Sleeps Tonight’ ini sebenarnya milik Solomon Linda dengan judul ‘Mbube’ yang direkam oleh studio rekaman Afrika Selatan Gallo Record Company pada tahun 1939.

Pat & Stan. [YouTube/@The Official Pat & Stan]Pat & Stan. [YouTube/@The Official Pat & Stan]

Lagu asli yang dinyanyikan Linda menggunakan bahasa Zulu namun diadaptasi ke bahasa Inggris oleh David Weiss, kemudian dipopulerkan oleh The Tokens. Versi bahasa Inggris yang dinyanyikan oleh The Tokens inilah yang menjadi viral dengan animasi kuda nil dan anjing tersebut.

Sementara itu, menurut tvovermind, lagu ini juga sering dipakai dalam film-film lainnya, termasuk The Lion King, Ace Ventura 2: When Nature Calls, dan The Sandlot.

Belum lama ini, video konser dari The Tokens saat membawakan lagu ‘The Lion Sleeps Tonight’ viral di media sosial Facebook dan membuat warganet teringat dengan lagu ‘Awing Mawek’ tersebut.