Suara.com – Dengan segala kontroversinya – mulai dari pencurian data, peretasan, dan keterlibatan dalam pemusnahan etnis di Myanmar – Facebook masih menjadi aplikasi yang paling banyak digunakan pada 2018 lalu.

Dalam laporan terbaru perusahaan riset AppAnnie , Facebook disebut dinobatkan sebagai aplikasi mobile terpopuler di dunia, sementara aplikasi pesan Messenger buatannya menjadi aplikasi yang paling banyak diunduh.

Tak hanya itu, Facebook bersama tiga anak usahanya, WhatsApp, Messenger, dan Instagram, masuk dalam daftar lima aplikasi yang paling banyak digunakan serta diunduh pada tahun lalu.

“Pengguna mungkin tak menyukai merek (Facebook), tetapi mereka menyukai aplikasinya,” kata Danielle Levitas dari AppAnnie.

Dari data AppAnnie diketahui bahwa pengguna ponsel pintar dan komputer tablet mengunduh sekitar 194 miliar aplikasi pada 2018. Setengah dari unduhan itu datang dari Cina.

Lebih jauh lagi AppAnnie membeberkan bahwa 50 persen waktu pengguna perangkat mobile dihabiskan untuk aplikasi media sosial, 15 persen untuk video, dan 10 persen untuk game. Rata-rata setiap konsumen memiliki 100 aplikasi dalam ponsel pintar mereka.

Berikut adalah daftar 10 aplikasi yang paling banyak digunakan di 2018:

1. Facebook

2. WhatsApp

3. Messenger

4. WeChat (China)

5. Instagram

6. QQ (China)

7. Alipay (China)

8. Toaboa (China)

9. Wifi Master Key (Singapore)

10. Baidu (China)

Selanjutnya, daftar 10 aplikasi yang paling banyak diunduh di 2018:

1. Messenger

2. Facebook

3. WhatsApp

4. Tik Tok

5. Instagram

6. Alibaba (China)

7. Share It (China)

8. Snapchat

9. Netflix

10. Spotify.