Suara.com – Garena bersama Kementerian Pemuda dan Olahraga ( Kemenpora ) mengumumkan peluncuran program perdana pertandingan esports sekolah pertama dan terbesar di Indonesia bertajuk Youth National Esports Championship 2019.

Melalui program ini, Garena berkomitmen untuk ikut terus berkontribusi dalam peningkatan kebutuhan teknologi masyarakat dengan cara memberdayakan generasi muda di bidang esports.

“Garena telah menyelenggarakan berbagai event esports antar sekolah sejak 2017 yang menerapkan syarat nilai dari rapor dan beasiswa sebagai hadiah, sehingga dapat ikut mencetak bibit unggul di sekolah maupun bibit unggul atlet esports,” kata Wijaya Nugroho, Project Manager Youth National Esports Championship 2019 dan Garena Goes to School di Gedung Kemenpora, Jakarta, pada Selasa (29/1/2019).

Youth National Esports Championship 2019 sendiri merupakan rangkaian dari program Garena Goes to School yaitu program pemberdayaan esports yang positif di antara pelajar di Indonesia.

Turnamen ini akan diadakan di 22 kota dengan melibatkan 600 sekolah di tingkat SMP dan SMA/SMK. Sedangkan game yang akan dipertandingkan adalah Arena of Valor dan Free Fire .

Pemilihan kedua mobile game ini tidak lepas dari prestasi yang telah dicapai Arena of Valor yang dinobatkan sebagai Best Multiplayer Game di ajang International Mobile Gaming Award (IMGA) 2018 serta masuk sebagai salah satu cabang eksibisi di Asian Games 2018. Sementara Free Fire terpilih sebagai Google Play User’s Game Choice of 2018.

Nantinya, pemenang dari masing sekolah kemudian akan melanjutkan pertandingan ke tingkat kota, regional dan terakhir ke tingkat nasional untuk memperebutkan Piala Menpora di bulan September mendatang.