Suara.com – Pencarian alien sering melibatkan pengintaian jauh ke ruang angkasa untuk mencari tanda-tanda peradaban di luar angkasa. Tetapi sekarang para ilmuwan berpikir kehidupan para alien bisa berkembang di sebuah planet yang sangat dekat dengan Bumi.

Para astronom baru saja menerbitkan sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa alien berpotensi bertahan hidup di ‘Super Earth’ yang baru ditemukan di sekitar Barnard’s Star yang disebut Barnard b (atau GJ 699 b). Planet ini cenderung sangat dingin, dengan suhu hingga -170 derajat celcius.

Tapi itu bisa menyembunyikan inti panas dari besi cair dan nikel yang menghasilkan suhu yang cukup untuk menopang kehidupan melalui proses yang disebut pemanasan Bumi. Europa, bulan Yupiter, juga diyakini mampu menampung kehidupan dan memiliki permukaan yang sama bekunya, namun diyakini memiliki samudra yang tersembunyi di bawah keraknya yang dingin.

Namun, jika kehidupan memang ada di Europa atau Barnard’s Star b kemungkinan besar akan ‘primitif’. Artinya, akan lebih seperti bakteri kecil daripada makhluk hijau kecil.

“Pemanasan panas bumi dapat mendukung ‘ona kehidupan’ di bawah permukaannya, mirip dengan danau bawah permukaan yang ditemukan di Antartika,” kata Edward Guinan dari Universitas Villanova.

“Kami mencatat bahwa suhu permukaan pada bulan es Jupiter di Europa mirip dengan Barnard b tetapi, karena pemanasan pasang surut, Europa mungkin memiliki lautan cair di bawah permukaan esnya,” ujarnya lagi.

Barnard’s Star b ditemukan pada November 2018 dan membuat para ilmuwan bersemangat karena menunjukkan planet-planet sedang mengorbit matahari yang relatif dekat dengan kita.

Sistem bintang hanya enam tahun cahaya dari Bumi, yang kecil dalam hal kosmik tetapi benar-benar raksasa jika dibandingkan dengan jarak yang dikenal manusia. Butuh sekitar 100.000 tahun untuk melakukan perjalanan ke Barnard’s Star menggunakan teknologi saat ini.

“Aspek paling signifikan dari penemuan bintang b Barnard adalah bahwa dua sistem bintang terdekat dengan Matahari kini dikenal sebagai tempat planet,” kata ahli astrofisika Scott Engle.

“Ini mendukung penelitian sebelumnya … menyimpulkan bahwa planet bisa sangat umum di seluruh galaksi, bahkan berjumlah puluhan miliar, Barnard’s Star sekitar dua kali lebih tua dari Matahari – sekitar 9 miliar tahun dibandingkan dengan 4,6 miliar tahun untuk Matahari. Alam semesta telah menghasilkan planet seukuran Bumi jauh lebih lama dari kita, atau bahkan Matahari sendiri, telah ada,” terang Engle. [Metro]