Suara.com – Sebagian pengguna Instagram mengeluh karena tidak bisa mengakses jejaring sosial berbagi foto dan video tersebut.

Hasilnya, para pengguna yang kesulitan mengakses Instagram beralih menggunakan Twitter dan menyampaikan keluh kesahnya lewat tagar # InstagramDown yang menjadi salah satu trending topic di Twitter pada Selasa (29/1/2019).

Tagar #Instagramdown jadi trending topik. [Twitter]Tagar #Instagramdown jadi trending topik. [Twitter]

“#semangatpagi walaupun #instagramdown,” ujar seorang warganet.

“Tatkala #instagramdown , twitter mendadak penuh sesak,” imbuh warganet lainnya.

Hingga berita ini terbit, cuitan tagar #InstagramDown sudah disuarakan oleh lebih dari 28 ribu akun Twitter. Tagar ini sendiri berada di urutan kedua setelah tagar #SaveAhmadDhani.

Sementara itu, situs Down Detector mencatat bahwa sebagian pengguna Instagram tidak bisa mengakses aplikasi. Sedangkan sebagian pengguna lainnya tidak bisa melihat dan membuat update IG Stories, hingga tidak bisa memperbarui dan melakukan scrolling feeds.

Tagar #Instagramdown jadi trending topik. [Downdetector]Tagar #Instagramdown jadi trending topik. [Downdetector]

Situs tersebut juga menyebut bahwa Instagram terindikasi tumbang di sejumlah wilayah per tanggal 28 Januari 2019 sejak 7:21 malam waktu EST. Adapun wilayah yang terkena dampak Instagram down meliputi wilayah Amerika Serikat, Kanada, Brasil, Australia, dan Jepang.

Tagar #Instagramdown jadi trending topik. [Downdetector]Tagar #Instagramdown jadi trending topik. [Downdetector]

Sedangkan untuk wilayah Asia Tenggara, Malaysia, India, dan Indonesia hanya terdampak sebagian kecil. Di Indonesia sendiri, tumbangnya Instagram dirasakan oleh sebagian pengguna di wilayah Pulau Jawa dan Sumatera.