Suara.com – Sejak pertama kali diluncurkan pada 2007 lalu, Apple konsisten menyematkan panel LCD untuk iPhone . Bahkan hingga sekarang, mereka masih menggunakannya untuk varian iPhone yang lebih murah.

Tetapi pada tahun 2018, Apple mulai menggunakan layar OLED pada iPhone XS dan XS Max. Kabar baiknya, produsen teknologi asal Amerika Serikat itu berniat untuk mematenkan penggunaan layar OLED untuk seluruh produk iPhone yang diproduksi pada tahun 2020 mendatang.

Rumor ini pertama kali diwartakan oleh Wall Stret Journal, mengutip sumber yang mengaku mengetahui rencana Apple tersebut. Menurut sumber tersebut, iPhone generasi terbaru akan menanggalkan panel LCD dan beralih ke OLED.

Di sisi lain, Business Insider mewartakan pada Rabu (21/1/2019) bahwa rumor tersebut disebut-sebut membuat Japan Display panik, mengingat mereka merupakan penyuplai tunggal panel LCD untuk Apple.

Bahkan saat ini, mereka dikabarkan sedang mencari calon pembeli baru dengan mengajukan penawaran kepada vendor-vendor ponsel asal China dan Taiwan.

Meski begitu, Japan Display masih punya waktu satu tahun untuk melanjutkan kerjasama dengan Apple. Pasalnya, Apple diperkirakan masih akan menggunakan panel LCD untuk masa produksi tahun 2019.

Sedangkan rumor lainnya mengatakan bahwa ponsel iPhone lansiran tahun 2019 merupakan penerus iPhone XR yang memakai panel LCD dan memiliki kamera belakang ganda. Sedangkan untuk suksesor iPhone XS Max akan memakai panel OLED dan mengusung konsep tiga kamera belakang.