Suara.com – Cydonie Mensae merupakan sebuah daerah yang terletak di belahan utara planet Mars . Lokasi ini terletak di sebuah zona transisi antara daerah berkawah di selatan dan daerah dataran yang permukaannya lebih halus di utara.

Jika dilihat secara geografis, para peneliti berpendapat bahwa daerah yang lebih halus dahulunya merupakan sebuah dasar laut. Hal ini membuat banyak yang percaya jika Cydonie Mensae adalah daerah bekas pantai.

Pendapat lainnya mengatakan, jika penampakan wajah yang terlihat di Cydonie hanyalah ilusi optik atau bisa saja merupakan Pareidolia seperti yang diungkapkan oleh Ashwin Vasavada.

Pareidolia sendiri merupakan keadaan ketika otak manusia mengenali benda asing atau pola meskipun tidak benar-benar ada. Hal ini yang menyebabkan orang berpikir bahwa penampakan yang terlihat di Cydonie mirip dengan wajah manusia.

Penampakan lainnya yang pernah ditemukan menunjukkan wajah yang mirip dengan wajah seorang dewa di zaman kuno bernama Dewa Nabu, seorang Dewa Kebijaksanaan pada zaman Neo-Asyur. Penemuan ini menimbulkan berbagai spekulasi, di antaranya adalah pendapat yang mengatakan jika pada zaman dahulu Dewa Nabu telah berhasil menemukan cara untuk pergi ke Mars.

Setibanya di sana, ia kemudian meninggalkan ukiran wajahnya. Namun, pendapat lain mengatakan ada dua alien yang memuja Dewa Nabu lalu membuat patung wajah sang dewa di Mars.

Penampakan wajah manusia di Cydonie Mensae ini pertama kali diambil oleh wahana antariksa Viking 1 pada 25 Juli 1976. Selain nampak sebagai wajah manusia, beberapa penampakan di daerah tersebut juga terlihat seperti piramid.

Hingga saat ini, penemuan penampakan wajah manusia di Cydonie Mensae masih menjadi misteri dan perdebatan di antara para ilmuwan.