Suara.com – Setelah berhenti mendukung Windows 7, Microsoft juga memutuskan menghentikkan dukungannya untuk sistem operasi Windows Phone .

Sebagaimana dikutip dari Business Insider pada Minggu (20/1/2019), Microsoft akan menghentikan dukungan pembaruan perangkat lunak untuk Windows 10 Mobile per tanggal 10 Desember 2019.

Pada tanggal tersebut, pengguna Windows 10 Mobile tidak bisa lagi menerima pembaruan keamanan baru, hotfix non-keamanan, opsi dukungan bantuan gratis, dan pembaruan konten teknis online dari Microsoft secara gratis.

Hasilnya, pemilik Windows Phone hanya bisa mendapatkan pembaruan perangkat lunak pembaruan dari pihak ketiga yang berbayar.

Adapun pembaruan terakhir dari Microsoft masih akan bisa diterima perangkat Windows 10 Mobile versi 1709 yang akan mendapatkan dukungan hingga Desember mendatang. Sedangkan untuk ponsel Lumia 640 dan 640 XL hanya mendapatkan dukungan hingga 11 Juni 2019.

Seiring dengan berakhirnya dukungan Microsoft untuk Windows Phone, maka ke depannya tidak akan ada lagi pembaruan produk atau keamanan untuk sistem operasi Windows 10 Mobile (OS).

Setelah tanggal 10 Desember 2019, Microsoft masih memberikan waktu tambahan untuk pembuatan cadangan (backup) perangkat baru secara otomatis atau manual hingga 10 Maret 2020.

Sebagai informasi, perangkat Windows Phone berkembang pesat setelah Microsoft mengakuisisi brand smartphone Nokia pada 2013 lalu. Namun sekarang, Nokia justru hadir kembali dengan sistem operasi Android murni, seperti model Nokia 6.1 Plus yang sudah beredar di Indonesia.