Suara.com – Moka , startup penyedia layanan Point of Sale, meluncurkan kegiatan berbasis edukasi teknologi digital untuk para pelaku UKM lewat acara A Cup of Moka ( ACOM ).

ACOM berfokus pada penyelenggaraan lokakarya tatap muka berisi edukasi bisnis untuk komunitas dan UKM di berbagai kota di Indonesia. Melalui kegiatan ini, Moka bertekad menjadi wadah yang mempertemukan para pelaku UKM dengan para ahli di bidang yang berkaitan dengan pengembangan UKM untuk dapat meningkatkan daya saing dan kreativitas, serta memiliki tingkat kompetisi yang setara dengan bisnis besar lainnya.

Di sisi lain, aktivitas ini juga menjadi komitmen Moka dalam mendukung visi Pemerintah Indonesia dalam Revolusi Industri 4.0 untuk memajukan UKM Indonesia agar bisa besaing dan mampu berinovasi dengan teknologi.

Salah satu cara utama untuk mencapai visi tersebut adalah melalui pemberdayaan UKM Go-Online yang patut didukung dengan upaya UKM agar melek digital. Di Indonesia sendiri, jumah UKM yang melek digital masih berada di bawah angka 20{bd6fb959aec9fa74673dfd668fbc465d0d7a4d44ad93be2b70ad93a84a305045} dari total UKM.

Padahal, pemanfaatan teknologi dapat mendorong produktivitas UKM untuk tumbuh dan berkembang di mana salah satu solusi yang dapat dijalani adalah dengan memberi pelatihan UKM di sektor digital.

“Sebagai startup yang memberikan solusi kemudahan operasional bagi bisnis, kami di Moka sangat mengharapkan agar para pelaku UKM dapat berkembang dan semakin maju melalui A Cup of Moka (ACOM). Berdasarkan riset yang ditemukan oleh tim data di Moka, diketahui bahwa salah satu hal yang pelaku UKM harapkan dari startup di Indonesia adalah media untuk belajar mengenai bisnis yang dijalani,” ujar VP Brand & Marketing Moka, Bayu Ramadhan di kawasan Sudirman, Jakarta, pada Selasa (22/1/2019).

ACOM sendiri bertujuan untuk memberikan dua manfaat utama bagi pelaku UKM. Pertama, melalui konten edukatif berisi materi data-driven yang terbagi menjadi dua topik utama, yaitu business practice dan business inspiration yang memadukan ilmu praktikal dan inspirasi bisnis dalam mengembangkan usaha.

Mulai dari ilmu pemasaran UKM, manajemen keuangan, manajemen operasional, penggunaan sosial media untuk UKM, hingga berbagi ilmu dalam fotografi untuk bisnis.

Kedua, yaitu wadah kolaborasi yang menjadikan ACOM sebagai media bagi komunitas dan UKM yang ingin berkolaborasi langsung dengan program-program yang diadakan oleh A Cup of Moka (ACOM). Misalnya, untuk mempromosikan komunitas, networking, atau berpartisipasi dalam acara-acara komunitas UKM yang memiliki pesertanya sendiri.

“Bangkitnya startup teknologi di Indonesia tidak terlepas dari kontribusi dan kepercayaan para pelaku UKM. Untuk itu, saat inilah kita bisa hadir membantu mereka dalam mengembangkan bisnisnya menjadi semakin cerdas dan berkualitas,” tutup Bayu.