Suara.com – Sebagai perayaan 15 tahun Ragnarok Online di Indonesia, Gravity selaku pengembang game MMORPG tersebut memutuskan untuk mendirikan perusahaan bersama publisher lokal , Lytogame.

Gravity Game Link, demikian nama perusahaan ‘gabungan’ Gravity dan Lytogame. Selain menjadi publisher untuk franchise Ragnarok, perusahaan ini juga akan menjual aneka merchandise, musik, animasi, dan atribut lainnya yang berhubungan dengan Ragnarok Online .

“Setelah menjalin hubungan yang cukup lama dengan Lyto, kami memutuskan untuk membuat perusahaan gabungan bernama Gravity Game Link. Akan ada banyak hal baru yang bisa kami lakukan dengan perusahaan gabungan ini untuk mengembangkan bisnis game di Indonesia,” ujar CEO Gravity, Yoshinori Kitamura, dalam acara “15 Years Ragnarok Gathering Party”, di kawasan Jakarta Selatan, Sabtu (19/1/2019).

Pada kesempatan yang sama, Yoshimura juga mengungkapkan rencananya yang akan merilis beberapa game baru, seperti Ragnarok World, Ragnarok M: First Love, dan Dragonica.

Secara terpisah, CEO Lytogame Andi Suryanto menjelaskan fungsi dibentuknya Gravity Game Link yang diharapkan mampu mendorong perkembangan industri game di tanah air.

“Ini merupakan kerjasama yang membanggakan, terutama bagi kami di Lyto. Setelah Ragnarok mencapai kesuksesan yang besar Indonesia, Gravity melihat masih ada potensi yang lebih besar lagi untuk dikembangkan, sehingga kami diajak berkolaborasi membentuk Gravity Game Link,” tegas Andy.

Sebagai informasi, Ragnarok Online sudah menginjakkan kaki di Indonesia sejak 2003 lalu dan telah memiliki banyak sub judul yang bisa dimainkan di berbagai platform, seperti PC, Web Browser, dan ponsel.

Saat ini, Ragnarok Online sudah tersebar di 82 negara dengan jumlah pengguna mencapai 62 juta dan kini mendirikan perusahaan bersama, Lytogame.