Suara.com – Samsung disebut-sebut akan mengakuisisi Corephotonics , perusahaan asal Israel yang khusus mengembangkan kamera ponsel dan beberapa waktu lalu sempat menggugat Apple .

Android Authority mewartakan pada Selasa (29/1/2019), produsen produk teknologi asal Korea Selatan sudah menawarkan mahar senilai sekitar 160 juta dolar Amerika Serikat atau sekira Rp 2,2 triliun.

Corephotonics merupakan sosok penting di balik teknologi zoom kamera. Salah satu pengguna teknologinya adalah Oppo, yang pada Mobile World Congress 2017 lalu memperkenalkan lossless zoom 5x.

Selain itu, teknologi 10x optical zoom yang akan diperkenalkan Oppo di ajang MWC 2019 pada Februari mendatang juga diduga merupakan buah kerjasama dengan Corephotonics.

Seandainya Samsung bisa mengakuisisi Corephotonics, maka vendor asal Negeri Ginseng itu bisa mengadaptasi teknologi serupa di masa datang. Apalagi, Corephotonics mengklaim pihaknya bisa menyematkan teknologi 5x optical zoom pada ponsel dengan fitur triple camera.

Dengan bantuan Corephotonics, bukan mustahil jika Samsung bisa membuat sebuah ponsel yang memiliki pembesaran obyek hingga 25 kali.

“Digabungkan dengan teknologi multi-frame, penggabungan gambar dan multi-scaling, pengaturan kamera ini bisa memberikan memberikan zoom factor hingga 25 kali secara keseluruhan,” demikian petikan pada laporan Corphotonics tersebut.

Jadi, menarik untuk menanti hasil akhir dari usaha Samsung ini, mengingat Corephotonics juga tercatat sebagai perusahaan yang piawai dalam mengembangkan teknologi zoom pada kamera ponsel. Bahkan, perusahaan Israel ini sudah memiliki 150 paten untuk teknologi tersebut.

Yang juga menarik adalah Corephotonics rupanya telah menggungat Apple, salah satu rival utama Samsung. Apple dituding telah mencuri paten lensa ganda Corephotonics pada iPhone 7 , iPhone 7 Plus, iPhone 8 Plus, dan iPhone X .