Suara.com – Samsung mengumumkan tengah mempersiapkan laptop dengan panel OLED beresolusi 4K sebesar 15,6 inci, di mana penyematan panel ini diklaim menjadi yang pertama dalam ranah laptop.

Hal ini dijelaskan oleh Yoon Jae-nam, Samsung Display Marketing Director. Ia mengulas keunggulan dari laptop yang tengah digarap perusahaannya tersebut.

“Layar OLED 15,6 buatan Samsung akan menawarkan efek HDR yang luar biasa, reproduksi warna yang kuat, dan visibilitas luar ruangan yang tinggi. Pengguna akan mendapatkan pengalaman visual yang lebih baik dengan layar OLED ini,” ucap Yoon Jae-nam, seperti yang dikutip dari ArsTechnica.

Tak hanya itu, panel OLED 4K Samsung memiliki rentang kecerahan dari 0,0005 hingga 600 nits.

Selain terang, panel OLED Samsung juga dapat menampilkan warna hitam yang 200 kali lebih gelap daripada panel LCD. Tak seperti panel LCD yang hanya dapat menampilkan 16 juta warna, panel OLED Samsung ini dapat menampilkan hingga 34 juta spektrum warna.

Panel ini juga digadang-gadang memiliki dimensi yang tipis, lebih ringan, dan ramah energi dibandingkan panel LCD.

Sayangnya, Samsung tidak membeberkan vendor laptop mana saja yang akan menggunakan panel OLED 4K 15,6 inci buatan Samsung ini. Namun, pabrikan laptop ternama seperti HP, Lenovo, dan Dell diduga akan menggunakan layar ini.

Sementara itu, layar OLED 4K 15,6 inci buatan Samsung ini sendiri baru akan memasuki tahap produksi secara massal pada bulan Februari mendatang.