Suara.com – Penemuan sebuah granat Perang Dunia II membuat heboh sebuah restoran. Bahkan seisi restoran dievakuasi karena kehebohan penemuan granat ini.

Seorang pria di Florida, Amerika Serikat, yang menemukan Granat Perang Dunia II . Temuannya ini membuat geger hingga satu restoran dievakuasi.

Baca Juga : Militer AS Ingin Gunakan Jetpacks di Perang Vietnam

Restoran cepat saji, Taco Bell, di Ocala Florida dievakuasi pada hari Sabtu (26/01/2019) setelah sebuah granat Perang Dunia II ditemukan.

Pria ini dilaporkan menemukan granat ketika ia sedang memancing dan kemudian membawanya ke Taco Bell. Departemen Kepolisian Ocala mengatakan bahwa pria itu menemukan granat saat memancing di Ocklawaha.

Kepolisian setempat juga menjelaskan kalau setelah tiba di restoran cepat saji, pria itu langsung menghubungi 911. Masih belum jelas mengapa ia membawanya ke Taco Bell sebelum memberi tahu pihak berwenang.

Baca Juga : Loyalitas, Hiroo Onoda Bertempur Sendirian Selama Perang Dunia II

Sebelumnya, pria itu pergi memancing sekaligus mencari logam mulia di sekitar sungai. Tak sengaja, ia menemukan sebuah granat nanas dan langsung memasukkannya bersama logam bekas yang ia temukan.

Pengumuman evakuasi Taco Bell karena granat PD II. (Twitter/ ocalapd)Pengumuman evakuasi Taco Bell karena granat PD II. (Twitter/ ocalapd)

Logam bekas dan granat itu langsung ia masukkan ke dalam bagasi kendaraan pacarnya. Hal yang menarik adalah adalah kepolisian setempat mengidentifikasi granat itu sebagai granat Perang Dunia II otentik.

Dikutip dari Gizmodo, kepolisian setempat langsung bertindak cepat dan mengirimkan tim penjinak bom. Mereka langsung memerintahkan untuk mengevakuasi restoran cepat saji.

Baca Juga : Jadi Senjata Para Pahlawan, Ini Fakta Bambu Runcing

Menurut laporan, granat Perang Dunia II itu kemungkinan adalah granat berjenis Mk2. Granat tersebut merupakan granat wajib yang harus dibawa tentara Amerika Serikat selama Perang Dunia II.

Granat Mk 2 adalah granat tangan yang dapat meledak dalam hitungan detik. Granati ini dikenalkan pertama kali pada tahun 1918.

Perangkat ini menggantikan granat Mk1 yang dianggap gagal pada tahun 1917. Granat Mk2 sangat populer digunakan saat Perang Dunia II dan Perang Vietnam.

Angkatan Laut AS adalah salah satu pengguna terakhir yang memakai granat Mk2 pada tahun 1969. Granat Mk2 dengan sekering seri M6 dan M204 dikenal sebagai granat high explosive yang cukup efektif ketika Perang Dunia II.

Baca Juga : Lama Hilang, Makam Antony dan Cleopatra Diprediksi Segera Ditemukan

Selama Perang Dunia II, granat Mk2 dipesan sebanyak 44 juta unit oleh pemerintah AS dan sekutu. Namun pesanan hanya dapat diselesaikan sebanyak 21 juta unit.

Kemungkinan besar granat Perang Dunia II yang ditemukan oleh seorang pria di Ocala, Florida itu merupakan salah satu yang tersisa dari puluhan juta unit.

Beruntung pria yang menemukan granat Perang Dunia II ini segera menghubungi pihak kepolisian sebelum kejadian tak diingkan menimpa banyak orang. (HiTekno.com/Rezza Dwi Rachmanta)