Suara.com – Jagat Twitter Indonesia selalu punya cara untuk menghadirkan keriaan di waktu yang tak disangka-sangka, termasuk dalam dua hari terakhir ketika seorang gadis berhijab meminta tolong agar fotonya disunting sedemikian rupa, sehingga jas yang dikenakannya dicopot.

Gadis yang menggunakan akun @ salzabillarm itu awalnya, pada Minggu (27/1/2019), menuggah sebuah foto pas yang dirinya di Twitter. Di dalam foto itu, terlihat ia mengenakan jilbab putih, jas, kemeja putih, dan dasi hitam.

Butuh bantuan, ada yang bisa ngedit foto ini biar jasnya ilang?” tulis @salzabillarm sekitar pukul 19.12 WIB.

Yang terjadi kemudian sungguh luar biasa. Hingga Senin petang (28/1/2019), permintaan tolongnya itu sudah dibalas lebih dari 1.500 kali. Tweet itu di-retweet hampir 12.000 kali dan disukai oleh sebanyak nyaris 7.000 akun lainnya.

Seorang pengguna Twitter berakun @salzabillarm pada Minggu (27/1) meminta tolong agar fotonya disunting. Hasilnya di luar dugannya. [Twitter/@salzabillarm]Seorang pengguna Twitter berakun @salzabillarm pada Minggu (27/1) meminta tolong agar fotonya disunting. Hasilnya di luar dugannya. [Twitter/@salzabillarm]

Sayang baginya, karena sebagian besar dari ribuan balasan cuitannya itu justru berisi candaan, bahkan ada yang lebih ekstrem. Beberapa pengguna Twitter misalnya menyunting fotonya, sehingga perempuan itu terlihat bertubuh robot atau mengenakan kostum dari kartun Naruto.

Seorang pengguna Twitter berakun @salzabillarm pada Minggu (27/1) meminta tolong agar fotonya disunting. Ini adalah salah satu balasannya yang diterimanya. [Twitter/@salzabillarm]Seorang pengguna Twitter berakun @salzabillarm pada Minggu (27/1) meminta tolong agar fotonya disunting. Ini adalah salah satu balasannya yang diterimanya. [Twitter/@salzabillarm]

Yang ekstrem, misalnya, mengganti tubuh gadis itu dengan gambar pocong, tengkorak, atau bahkan tubuh karakter Bang Napi dari sebuah program berita kriminal di sebuah stasiun televisi swasta.

Seorang pengguna Twitter berakun @salzabillarm pada Minggu (27/1) meminta tolong agar fotonya disunting. Ini adalah salah satu balasannya yang diterimanya. [Twitter/@salzabillarm]Seorang pengguna Twitter berakun @salzabillarm pada Minggu (27/1) meminta tolong agar fotonya disunting. Ini adalah salah satu balasannya yang diterimanya. [Twitter/@salzabillarm]

Bahkan beberapa yang terlibat di dalamnya adalah akun-akun resmi organisasi atau perusahaan terkemuka, seperti Grab dan Line. Grab misalnya mengganti jas perempuan itu menjadi jaket mitra pengemudi Grab.

Seorang pengguna Twitter berakun @salzabillarm pada Minggu (27/1) meminta tolong agar fotonya disunting. Foto hasil suntingan ini dikirim oleh akun Twitter resmi Grab. [Twitter/@salzabillarm]Seorang pengguna Twitter berakun @salzabillarm pada Minggu (27/1) meminta tolong agar fotonya disunting. Foto hasil suntingan ini dikirim oleh akun Twitter resmi Grab. [Twitter/@salzabillarm]

Belum diketahui pasti untuk apa pengguna akun @salzabillarm meminta tolong agar fotonya disunting. Tetapi jika menyimak balasan dari akun resmi Direktoral Jenderal Pajak (DJP), tampaknya foto itu diperlukan untuk melengkapi dokumen dalam proses penerimaan di lembaga di bahwa Kementerian Keuangan tersebut.

Seorang pengguna Twitter berakun @salzabillarm pada Minggu (27/1) meminta tolong agar fotonya disunting. Foto hasil suntingan ini dikirim oleh akun Twitter resmi Direktorat Jenderal Pajak [DJP). [Twitter/@salzabillarm]Seorang pengguna Twitter berakun @salzabillarm pada Minggu (27/1) meminta tolong agar fotonya disunting. Foto hasil suntingan ini dikirim oleh akun Twitter resmi Direktorat Jenderal Pajak [DJP). [Twitter/@salzabillarm]

Selamat menempuh latsar dan selamat mengabdi di DJP ya, Salza. Silakan foto ini bisa disampaikan ke panitia,” tulis admin akun Twitter DJP, yang turut membantu perempuan itu menyunting foto tersebut.

Hingga berita ini ditayangkan, Suara.com masih berusaha untuk menghubungi pemilik akun @salzabillarm.