Suara.com – Baru-baru ini, dalam aplikasi video call bawaan iPhone , FaceTime , ditemukan sebuah bug yang memungkinkan sebuah percakapan panggilan telepon dapat disadap sebelum terjawab penerima telepon tersebut.

Gangguan bug dalam FaceTime ini terjadi saat pengguna menggunakan fitur panggilan grup, yang baru saja dirilis pada Oktober 2018 lalu. Panggilan ini memungkinkan pengguna menerima panggilan grup menjadi 32 orang.

Pengguna iPhone akan merasa kemunculan bug ini saat melakukan panggilan grup dengan FaceTime. Ketika akan melakukan panggilan grup, sebelum penerima menerima panggilan, pengguna biasanya akan menambahkan nomor kontak lainnya.

Proses penambahan nomor tersebut secara otomatis membuat FaceTime menganggap panggilan konferensi sudah terhubung dan mulai mengirim audio atau suara dari orang pertama yang dihubungi pengguna, walaupun orang tersebut belum mengangkat panggilan.

FaceTime iPhone bermasalah. [Twitter]FaceTime iPhone bermasalah . [Twitter]

Tak hanya itu, bug ini juga membuat penerima telepon yang mencoba membungkam atau menolak panggilan dengan menekan tombol volume turun atau tombol Power, tidak bisa melakukan apapun.

Pasalnya, kamera dan mikrofon pengguna akan tetap hidup dan menampilkan panggilan yang sedang masuk tersebut. Hal ini membuat seluruh percakapan dan aktivitas pengguna akan diketahui oleh penelepon.

Dilansir dari Digital Trends, Apple menyadari masalah tersebut dan melakukan pemeriksaan hingga menemukan bug. Pihak Apple mengonfirmasi dan berjanji akan memberikan pembaruan secepatnya dan mengatasi masalah tersebut.

Apple memutuskan menonaktifkan fitur panggilan grup yang ada di FaceTime. Kini, Apple tengah dalam usaha mempersiapkan patch yang berfungsi menghilangkan dan memperbaiki bug tersebut. Buat Anda, disarankan menonaktifkan FaceTime dari sistem iOS iPhone Anda.