Suara.com – Anda pasti berfikir saat menghapus pesan di WhatsApp maka masalah Anda telah selesai. Waspada pemikiran itu bisa salah.

Pasalnya, diklaim ada bug yang dapat memungkinkan pesan-pesan yang diduga telah terhapus dengan aman itu muncul kembali.

Seperti diketahui, salah satu fitur WhatsApp adalah memungkinkan Anda menghapus pesan lama yang disebut ‘hapus untuk semua orang’. Selain menghilangkan teks yang mungkin memalukan dari perangkat Anda, itu juga menghapusnya dari telepon penerima dan memberi tahu mereka ‘pesan ini telah dihapus’.

Sekarang ada cara untuk mendapatkan pesan-pesan itu kembali. Aplikasi mencadangkan pesan di malam hari saat Anda tidur, menyimpan catatan tersembunyi di telepon.

Artinya bahwa jika Anda atau seorang teman menghapus pesan, yang perlu Anda lakukan adalah ‘mengembalikan’ cadangan dan kiriman pesan yang dihapuskan akan muncul kembali. Sudah diklaim ada cara mudah untuk proses ini.

Jangan panik. Kini yang perlu Anda lakukan adalah menghapus aplikasi, menginstal ulang dan kemudian memilih mengembalikan semua obrolan dari cadangan.

Awal bulan ini, beberapa pengguna Whatsapp mengklaim bug yang berbeda menghapus pesan lama mereka. Bug pertama kali menyerang tahun lalu dan tampaknya membersihkan pesan yang terkirim dalam urutan kronologis, dimulai dengan yang paling lama.

Sebelumnya, WhatsApp sempat memodifikasi fitur ‘hapus untuk semua orang’. Dalam pembaruannya durasi fitur tersebut ditambah menjadi lebih lama. Awalnya, pengguna hanya diberi waktu sejam untuk menghapus pesan. Kini pengguna diberikan waktu 13 jam, 8 menit, dan 15 detik untuk menghapus pesan.

Namun perlu diingat, pesan hanya akan terhapus jika penerima pesan menerima notifikasi dalam durasi yang telah ditentukan. Jika penerima pesan telat menerima notifikasi, maka pesan akan tetap dapat terbaca.