Suara.com – WhatsApp, pada batas tertentu, adalah aplikasi perpesanan terbesar di dunia. Namun, kini beberapa saingan mulai bermunculan dan salah satunya adalah YEO (Your Eye Only).

Seperti diketahui, meski WhatsApp bersifat gratis untuk digunakan namun dari sisi keamanan, aplikasi ini mengenkripsi konten setiap pesan sehingga tidak seorang pun kecuali pengirim dan penerima dapat membacanya. Sayang, teknologi itu juga dimiliki Facebook ketika datang ke privasi.

Kini hadir YEO (Your Eye Only) yang menggabungkan pengenalan wajah sebagai lapisan keamanan lainnya. Itu mungkin, tetapi layanan ini juga mengklaim bahwa itu akan tetap sepenuhnya bebas iklan untuk penggunanya.

Sayang, YEO mengharuskan Anda merogoh biaya berlangganan 4,99 poundsterling atau sekitar Rp 90 ribuan per bulan. Anda mendapatkan uji coba gratis 14 hari untuk merasakan platform, tetapi masih harus dilihat apakah Anda benar-benar siap untuk membayar privasi.

“Sudah jelas bagi kami untuk beberapa waktu bahwa ada celah nyata untuk platform pengiriman pesan yang memungkinkan para penggunanya memahami dengan jelas, secara sederhana, bagaimana data dan konten mereka dilindungi dan tetap pribadi bagi mereka,” kata Alan Jones, pendiri YEO.

Dia menambahkan bahwa pihaknya ingin mengembalikan kontrol kuat ke tangan orang-orang yang menggunakan platform. Pasalnya, pihak ketiga tidak dapat memperoleh data tanpa wajah pemilik aplikasi.

Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk berbagi konten pribadi di lingkungan yang sangat aman. Pengguna bisa memutuskan di mana, kapan, dan berapa lama konten mereka dapat dilihat.

Aplikasi YEO menyediakan kontrol total, fungsi geo-fencing memungkinkan pengguna membatasi kontak mereka dapat melihat gambar, video dan dokumen, membatasi visibilitas ke lokasi tertentu. Selain itu, mereka yang menggunakan aplikasi dapat menghapus konten dari percakapan dengan mengklik tombol, jika mereka tidak lagi menginginkannya tersedia untuk kontak mereka.

Aplikasi iOS YEO tersedia untuk diunduh mulai Januari 2019 di App Store, sementara versi Android akan tiba dalam beberapa bulan mendatang. [Metro]