Suara.com – Pada umumnya, jendela berfungsi untuk mengatur sirkulasi udara dan cahaya yang masuk ke dalam rumah. Tapi di Amerika Serikat, para peneliti memanfaatkannya untuk mengisi baterai ponsel .

Sebagaimana dikutip dari Ubergizmo pada Rabu (16/1/2019), para peneliti di Michigan State University tengah mengembangkan teknologi pengisian daya untuk ponsel dengan menggunakan panel konsentrator surya transparan, yang diklaim mampu mengubah jendela atau lembaran kaca ke dalam sel surya fotovoltaik.

Teknologi panel surya ini diklaim para peneliti berbeda dengan panel surya transparan yang sebelumnya dikembangkan oleh Sharp. Pasalnya, panel yang mereka buat benar-benar transparan secara alami.

Richard Lunt yang memimpin penelitian ini mengaku optimis bahwa panel surya transparan yang ia buat bersama timnya bisa digunakan dengan lebih efisien. Tak hanya mengurangi efek pemanasan global, namun juga bisa menambah daya baterai pada ponsel.

Meski mereka merasa optimis dengan proyek tersebut, namun tingkat keberhasilan dari penelitian ini masih rendah, yaitu hanya 1 persen. Oleh karena itu, Lunt dan rekannya yang lain masih akan mengembangkannya agar tingkat keberhasilannya meningkat, setidaknya mencapai 5 persen.