Suara.com – YouTube telah melarang para penggunanya untuk mengunggah video-video berisi tantangan atau prank berbayaha seperti Tide Pod, demikian diwartakan CNet, Rabu (16/1/2019).

Layanan video online milik Google itu mengatakan bahwa pihaknya telah memperbarui panduan penggunaan, untuk menegaskan bahwa konten-konten prank yang berisiko membahayakan atau melukai diri melanggar aturan YouTube terkait kekerasan serta aktivitas berbahaya.

Aturan baru itu diumumkan YouTube setelah sebuah tantangan bernama Bird Box, yang di dalamnya orang ditantang untuk bepergian dengan mata tertutup, viral di media-media sosial.

“YouTube adalah rumah dari berbagai tantangan serta prank yang viral, tetapi kami ingin menekankan bahwa segala sesuatu yang menarik tak harus melewati batas, sehingga membahayakan,” tulis YouTube dalam blog resminya.

Selain melarang konten yang berisiko melukai fisik, YouTube juga menegaskan melarang konten-konten yang memicu tekanan emosional atau trauma terhadap anak-anak.

Belakangan memang sedang viral tantangan Bird Box, yang terinspirasi dari film yang juga berjudul Bird Box di Netflix. Dalam film itu para tokoh utama berkeliaran menggunakan penutup mata untuk menghindari kekuatan jahat yang bisa memicu orang bunuh diri.

Salah satu pesohor YouTube bernama Jake Paul pada pekan lalu melakukan tantangan Bird Box dan mengunggahnya di channel resminya. Dalam video itu Paul terlihat berkeliaran dengan mata tertutup di tengah jalan raya yang ramai dan bahkan nekat mengemudikan mobil.