Suara.com – ZTE Corporation mengumumkan bahwa China Unicom cabang Guangdong dan ZTE, berhasil melakukan panggilan 5G pertama di dunia. Menariknya, panggilan 5G ini dilakukan dengan menggunakan smartphone prototipe 5G ZTE, melalui uji coba lapangan 5G di Shenzhen.

Tes ini juga menyelesaikan verifikasi beragam layanan, seperti panggilan suara grup Wechat, video online, dan penelusuran web.

Ujicoba ini menjadikan China Unicom are Shenzhen menjadi wilayah uji komersial pertama di dunia yang melakukan panggilan pertama dalam mode NSA dan sesuai dengan 3GPP Rel-15.

Dikenal sebagai “Kota Inovasi”, Shenzhen adalah salah satu kota percontohan 5G pertama di China Unicom. Shenzhen sepenuhnya memverifikasi kemampuan jaringan peralatan 5G, layanan khusus, roaming dan interkoneksi sebagai meletakkan dasar kuat untuk konstruksi komersial seluruh jaringan 5G .

Tes ini mengadopsi solusi 5G ZTE dari hulu ke hilir, termasuk jaringan akses radio, jaringan inti, jaringan transportasi dan perangkat cerdas, mewujudkan koneksi dengan smartphone prototipe 5G ZTE di lapangan.

Sementara itu, tes ini telah memverifikasi beberapa teknologi kunci 5G seperti Massive MIMO, 5G NR, konektivitas ganda NSA, teknologi transportasi FlexE dan 5G Common Core.

Panggilan pertama dari smartphone prototipe 5G ZTE dalam mode NSA yang dilakukan di China Unicom area Shenzhen telah berhasil. Solusi 5G ZTE telah lulus uji end-to-end dalam tiga bulan setelah rilis 3GPP Rel-15.